10 Makanan Sehat untuk Bayi selain ASI

7:44 PM

Mulyan Blog - Ketika sang bayi masih berada dalam kandungan, ibu sudah menjaga pola makan demi kesehatan janinnya. Dan setelah melahirkan, ibu juga akan selalu mengutamakan dan memilih makanan sehat untuk bayi dengan sangat cermat dan teliti.

Ada banyak makanan sehat untuk bayi yang ditawarkan berbagai perusahaan makanan bayi. Rata-rata memang sudah dalam bentuk kemasan dan instan. Bagi yang ingin mencoba sendiri membuat makanan sehat untuk bayi di rumah, ada banyak pilihan yang bisa disiapkan. Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk bayi selain makanan terbaiknya yaitu ASI.

Labu Kuning
Labu Kuning
 Buah ini kaya akan serat. Selain itu, labu juga mengandung banyak gizi diantaranya vitamin A dan C, karbohidrat serta lemak. Labu kuning bisa langsung diberikan ke bayi, cukup direbus sampai matang dan dihaluskan. Atau bisa juga dicampur bayam rebus, telur rebus dan sedikit air matang lalu diblender.

Kacang Lentil
Kacang Lentil
Kacang lentil adalah sumber protein dan zat besi. Untuk membuatnya menjadi makanan bayi cukup dengan direndam selama beberapa jam atau semalaman, tiriskan dan bilas lalu sampai lembut.

Brokoli
Brokoli
Mengandung banyak serat, folat dan kalsium. Cukup dipotong kecil-kecil, kukus lalu dinginkan.

Blueberry
Blueberry
Mengandung anthocyanin yang sangat berguna untuk kesehatan mata, otak dan saluran kemih bayi. Kandungan Anthocyanin ini membuat blueberry menjadi berwarna kebiru-biruan. Cara menjadikannya makanan sehat untuk bayi cukup dihaluskan dengan blender atau dibuat bubur.

Alpukat
Alpukat
Mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk perkembangan otak bayi. Sebagian ahli gizi menyebut bahwa lemak tak jenuh pada alpukat hampir menyerupai ASI.

Daging
Daging
Kandungan zat besi yang ada pada daging lebih mudah diserap daripada zat besi pada tumbuhan. Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Daging tanpa lemak sangat direkomendasikan. Pilih yang segar, potong kecil-kecil lalu rebus bersama sayuran hijau.

Buah Plum
Buah Plum
Buah Plum memilik banyak sekali kandungan gizi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, mineral dan kalium. Buah plum juga kaya akan serat dan merupakan antioksidan alami yang kuat. Sangat berguna mencegah sembelit pada bayi. Membuat buah plum menjadi makanan sehat untuk bayi sangat mudah. Cukup dihaluskan atau diblender. Bisa juga ditambahkan pada sereal.

Kacang Garbanzo
Kacang Garbanzo
Kacang asal Turki ini memiliki rasa yang gurih, renyah dan lembut. Disamping itu, kacang garbanzo juga memiliki kandungan zinc, folat, dan protein, serta kaya akan serat yang bisa menstabilkan kadar gula darah dan sumber karbohidrat baik. Buat bubur yang lembut dan suapkan pada bayi.

Jeruk Mandarin
Jeruk Mandarin
Masuk kriteria makanan sehat untuk bayi karena jeruk Mandarin memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sebagai antioksidan alami. Cukup dengan cara peras airnya, masukkan ke dalam botol dan berikan pada si kecil.

Sayuran Hijau Tua
Sayuran Hijau Tua
Kandungan zat besi dan folat yang tinggi membuat sayur menjadi berwarna hijau. Dan bayam adalah salah satunya. Membuat makanan sehat untuk bayi menggunakan sayuran sangat mudah. Cukup dikukus lalu campurkan dalam makanan bayi atau sereal.

Sebenarnya ada banyak sekali makanan sehat untuk bayi yang bisa disajikan sendiri tanpa harus membeli di toko atau di swalayan. Di samping hemat waktu, hemat biaya, juga bisa mengontrol pola makan bayi secara teratur. Namun, sedikit ulasan di atas akan sangat membantu seorang ibu untuk mencari alternatif lain ketika ingin memberikan makanan buat sang buah hati disamping makanan utamanya yaitu ASI.

Pola makan yang sehat akan sangat berpengaruh pada kembang tumbuh dan juga perkembangan otak bayi. Karena itu, pastikan untuk selalu memberi asupan gizi yang seimbang demi terjaganya kesehatan bayi. Salah satunya adalah dengan selalu memperhatikan dan memberikan makanan sehat untuk bayi.

(sumber:www.samishare.com)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »